Wednesday, February 29, 2012

ON-OFF Dengan Satu Tombol

Mungkin tema untuk satu push button sebagai tombol on sekaligus sebagai tombol off, sering diposting pada blog yang lain. Tetapi yang dibahas disini ada perbedaan, yaitu menggunakan bahasa pemograman FBD yang qt gunakan pada program Zelio Soft. Selain itu ada tambahan fungsi pada tombolnya sebagai indikator.
Cara kerja utamanya adalah sebagai berikut,
Tombol berfungsi untuk menghidupkan sekaligus mematikan output, tekan sekali hidup tekan kedua kali akan mematikan .. tombol terhubung kepada rangkaian safety baik emergency maupun fungsi switch lain, apabila safety tidak jalan (off) maka tombol tidak dapat bekerja serta otomatis output akan mati (off). tombol ini dilengkapi dengan lampu indikator, apabila output jalan maka lampu tersebut hidup, apabila lampu mati mengindikasikan bahwa safety off, apabila safety sudah normal (on) maka lampu berkedip.



Cara kerja seperti ini biasanya merupakan bagian dari cara kerja pada sebuah mesin, jadi kemungkinan besar ini akan dipakai apabila qt akan membuat program untuk sebuah mesin.Fungsi yang qt akan gunakan adalah gerbang-gerbang logika yang telah qt pelajari sebelumnya. komponen tambahannya hanya sebuah timer bistable (impuls relay).

 
Output dari impuls relay tergantung dari input dan outputnya sendiri, apabila ada input maka outputnya akan berubah (dari on ke off atau sebaliknya).
Sobat sekalian bisa melihat video tutorial berikut untuk pembuatan programnya.





 

No comments:

Post a Comment

Animasi Mesin