Sunday, June 17, 2012

HMI dengan VB

Selamat berjumpa kembali, setelah beberapa bulan tidak pernah update. Kali ini yang akan saya coba share adalah bagaimana membuat HMI dengan Visual Basic.
Pada awalnya di tempat bekerja ada kebutuhan untuk record data pada mesin CIP. Mulanya saya coba rekam trend yang tersedia pada RS logic (lain waktu saya share caranya). tetapi ada kesulitan dalam pembacaan karena membutuhkan waktu yang lama serta sangat kesulitan apabila ingin diubah ke bentuk excel.
Setelah googling dapat cara record data dengan menggunakan excel yang terkoneksi dengan DDE servernya yang ada pada RS Linx. Ini lumayan bagus dan membantu hanya kelemahannya adalah laptop yang saya pakai harus standby terus untuk memantau perubahan yang ada pada PLC CIP unit.
Pada akhirnya saya menemukan advancedhmi yang dasarnya dibuat dengan Visual Basic. Mau tidak mau saya coba belajar VB walaupun kesulitan karena dasar yang pernah dipelajari sangat berbeda, yang pernah saya pakai paling mikrokontroller kalau ngga  pascal yang masih jaman dos.

Tetapi pada akhirnya berhasil juga membuat tampilan dengan modal advancedhmi. yang tersulit adalah bagaimana data  yang telah  ditampilkan dapat direcord dan diexport ke dalam bentuk Excel. Dengan bermodal koneksi internet berhasil mendapatkan code-code yang diinginkan.
Berikut gambar hasil nya dengan database menggunakan sql.

 
Untuk recordnya bisa dilihat pada gambar berikut:



 Tetapi setelah dicoba pada PC pabrik yang belum ada sql server, walaupun yang express ada error sehingga mau tidak mau harus merubah databasenya dengan menggunakan acces , dan ada perubahan tampilan. menjadi seperti berikut




Dan berikut tampilan setelah diexport ke excel



Kalau mau mencoba bisa lihat video berikut

 


Bisa juga ke http://advancedhmi.com/



Semoga Bermanfaat.....



 




3 comments:

  1. gimana sih ambil data dari advancedhmi

    ReplyDelete
  2. Datanyabdi record ke database, bisa lewat mysql atau ygvsaya gunakan pakai ms access database. Yang saya gunakan capture dari nilai yg diinginkan. Cari tolutorial

    ReplyDelete

Animasi Mesin