Sunday, January 29, 2012

Gerbang Logika

Setelah mengenal kode bilangan qt akan membahas tentang gerbang logika yang merupakan dasar ilmu sebelum mengenal lebih jauh tentang pengontrolan. Ini akan sangat bermanfaat nantinya dalam pembuatan program PLC, yang paling terasa adalah apabila qt membuat program Smart Relay dengan menggunakan FBD (Function Block Diagram), yang pernah saya alami terutama Smart Relay Telemecanique dari Schneider.
Asal usul logika diciptakan pada tahun 1854 oleh George Boole yang sekarang dikenal dengan Aljabar Boole. Setiap variable dalam aljabar Boole memiliki dua harga, yaitu benar (satu) atau salah (nol). Pada tahun 1938 Claude Shannon menggunakan Aljabar Boole dalam penerapan praktis yaitu dalam analisis rangkaian switching telepon. Ia menggunakan variable Boole untuk menyatakan keadaan tertutup dan terbukanya relay. Sehingga para ahli teknik menyadari bahwa aljabar Boole dapat diterapkan pada ilmu elektronika komputer.

Berikut beberapa gerbang yang sering digunakan. baik dalam standar USA maupun IEC (International Electrotechnical Commission).

  • Inverter
Inverter berfungsi sebagai pembalik,  yang mempunyai satu input dan satu output. Nilai output akan berlawanan dengan Input. Biasanya disebut dengan Gerbang Not.


  •  Gerbang OR
Gerbang OR memiliki dua atau lebih dari dua input tetapi hanya satu output , jika salah satu input satu maka output akan satu.

 
  • Gerbang AND
Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua input dan hanya satu output, semua input harus satu untuk mendapatkan output satu.


  •  Gerbang NOR
 Gerbang NOR memiliki dua atau lebih input dan hanya mempunyai satu output. Untuk memperoleh output satu, semua input harus dalam keadaan nol. Dengan kata lain gerbang NOR hanya mengenal masukan yang semua bitnya sama dengan nol. Ini sama dengan gerbang Or yang dihubungkan dengan  gerbang NOT dioutputnya.

 

  • Gerbang NAND
Gerbang NAND terdiri dari dua atau lebih dari dua input dan hanya sebuah output. Semua input harus satu untuk mendapatkan output nol. Ini sama dengan gerbang AND  yang dihubungkan dengan gerbang NOT dioutputnya.

  • Gerbang Exclusive-OR
Gerbang ini biasa disebut dengan gerbang XOR, gerbang ini mempunyai dua atau lebih dari dua input dan hanya satu output. Output dari gerbang ini akan satu apabila jumlah semua input ganjil. Untuk inputan yang lebih dari dua, melihat ganjil atau genap bisa dengan cara melihat jumlah inputan yang bernilai satu, misalkan untuk yang ganjil ada 1,3, 5, 7, dst inputan yang bernilai satu.


  • Gerbang Exclusive-NOR
Gerbang Exclusive-NOR yang disingkat dengan sebutan XNOR, secara logika adalah ekivalen dengan sebuah gerbang XOR yang diikuti oleh sebuah inverter. Dengan adanya sebuah inversi pada sisi output, maka tabel kebenaran dari gerbang XNOR merupakan komplemen dari tabel kebenaran gerbang XOR.


 Gerbang XNOR 2 input merupakan gerbang ideal untuk pembandingan bit, output dari gerbang ini akan satu apabila kedua input identik (sama).



3 comments:

Animasi Mesin